SDN Sriwedari Solo Hanya Dapat 1 Siswa Baru, Kepsek Ungkap Penyebabnya, Bikin Prihatin

Rabu, 13 Juli 2022 – 20:00 WIB
SDN Sriwedari Solo Hanya Dapat 1 Siswa Baru, Kepsek Ungkap Penyebabnya, Bikin Prihatin - JPNN.com Jateng
Azzam Maruf Bi Qolbi (6) saat tengah mewarnai di ruang kelas 1 SD N Sriwedari 197, Solo, Rabu (13/07/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Azzam Maruf Bi Qolbi (6) menjadi satu-satunya siswa baru di SD N Sriwedari 197 Solo pada tahun ajaran 2022/2023.

Kepala SDN Sriwedari 197 Bambang Suryo Riyadi menyebut bahwa sebenarnya ada 3 siswa yang mendaftar di sekolahnya.
Namun, 2 pendaftar lain memilih SD yang dipimpinnya sebagai opsi kedua. 

"Ada dua siswa lainnya yang daftar sebenarnya. Mereka itu bukan ditolak, tetapi SDN Sriwedari hanya menjadi pilihan kedua. Yang satu masuk di SDN Tumenggungan, dan yang satunya masuk SDN Mangkubumen," katanya, Rabu (13/7).

Kepsek menuturkan sejak diterapkannya sistem zonasi, jumlah peserta didik baru di SDN Sriwedari Solo terus mengalami penurunan.

Pada 2021, tercatat hanya ada 5 peserta didik baru. Sebanyak 4 siswa saat ini sudah naik ke kelas 2, sedangkan 1 siswa harus tinggal kelas. Jadi ada 2 siswa di kelas 1.

Menurut Bambang, lingkungan sekitar SDN Sriwedari yang kini beralih fungsi menjadi perhotelan, perkantoran dan lapangan, menyebabkan sekolah tersebut tidak memiliki murid.

“Jadi di sini penduduknya sudah banyak berkurang. Dulu banyak, tetapi setelah dibangun GOR Sritek Arena, banyak yang pindah," katanya.

Persaingan dengan sekolah swasta, lanjut Bambang juga menjadi salah satu faktor penyebab sepinya peminat SDN Sriwedari. 

Potret memprihatinkan SDN Sriwedari Solo. Tergusur perubahan, hanya dapat satu siswa baru.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News