Buruan Daftar, Pemkot Pekalongan Gelar Pelatihan Kerja, Anggarannya Rp 1,7 M

Kamis, 14 Juli 2022 – 22:05 WIB
Buruan Daftar, Pemkot Pekalongan Gelar Pelatihan Kerja, Anggarannya Rp 1,7 M - JPNN.com Jateng
Seorang peserta pelatihan kerja di Kota Pekalongan sedang berlatih desain grafis. (ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan)

jateng.jpnn.com, PEKALONGAN - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyiapkan dana pelatihan kerja sebesar Rp 1,77 miliar. Dana itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022 dan dana cukai.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Pekalongan Sunarto Hadi mengatakan anggaran Rp 1,77 miliar itu akan digunakan untuk 2 angkatan.

"Berbagai pelatihan seperti barista, desain grafis, layanan perbaikan sepeda motor, pembuatan roti, mekanik mobil, dan menjahit pakaian ini sebagai upaya untuk menunjang keahlian masyarakat," katanya, Kamis (14/7).

Dia menjelaskan penetapan paket atau jenis pelatihan ini diputuskan dengan pertimbangan sisi kebutuhan masyarakat, melihat kebutuhan dunia usaha, dan sumber daya manusia.

"Pelatihan kerja ini memang dikhususkan bagi warga Kota Pekalongan. Pelatihan ini juga bersumber dari APBD dan dana cukai," katanya.

Menurut dia, jadwal pendaftaran ini dibuka mulai 12 Juli-15 Agustus 2022 dan mekanismenya dimulai dari mengakses dokumen secara daring, kemudian menyerahkan berkas dan akan diverifikasi untuk mendapatkan kartu tes.

"Kami akan melakukan tes pada peserta mulai 15 Agustus 2022, yakni tes tertulis dan wawancara. Untuk pelatihan akan dimulai 22 Agustus sampai 7 Oktober 2022," katanya.

Sunarto mengatakan para peserta selain dilatih secara gratis juga akan mendapatkan fasilitas berupa uang transportasi, konsumsi, dan kelengkapan seperti seragam, tas, dan modul pelatihan.

Pemkot Pekalongan bakal menggelar pelatihan kerja dengan alokasi anggara Rp 1,7 miliar. Buruan daftar, sudah dibuka.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News