Kota Solo Sabet Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Utama

Minggu, 24 Juli 2022 – 01:00 WIB
Kota Solo Sabet Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Utama - JPNN.com Jateng
Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa saat menerima penghargaan, Jumat (22/07/2022). Foto : Humas Pemkot Solo

jateng.jpnn.com, SOLO - Kota Surakarta kembali mendapat penghargaan Kota Layak Anak Kategori Utama dari Kementrian Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Jumat (22/07) malam.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, penghargaan diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Bintang Puspayogaitu di aula Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Penghargaan Kota Layak Anak diberikan kepada kota atau kabupaten sebagai bentuk apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas komitmen tinggi dalam mewujudkan KLA melalui 24 indikator.

Raihan ini menjadi kali kelima Kota Solo mendapatkan Kota Layak Anak Utama sejak tahun 2017. Solo sebelumnya pernah mendapat mendapatkan Kota Layak Anak Madya pada 2011. Selain itu, Kota Solo juga mendapat pernghargaan Nindya tiga kali. 

Pencapaian Solo menjadi Kota Layak Anak banyak sektor seperti adanya 14 taman cerdas yang dilengkapi perpustakaan di 5 kecamatan, 51 kelurahan memiliki forum yang dikelola anak anak, tempat ibadah tamah anak, Program Sapu Kuat (Satu Paket Urusan Kependudukan Warga Terpenuhi), serta pembuatan ruang digital layanan anak.

Wakil Wali kota Surakarta Teguh Prakosa mengatakan penghargaan tersebut merupakan bentuk Komitmen Pemerintah Kota Surakarta dalam menjamin anak-anak mendapatkan haknya sekaligus merawat generasi penerus bangsa.

“Ini penghargaan yang kelima kalinnya kategori utama, ini berkat seluruh stakeholder Pemerintah Kota Surakarta yang komitmen untuk menjaga Kota yang dicintai ini tetap menjadi layak anak-anak dan perempuan,” katanya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia Bintang Puspayoga pun memberikan apresiasi atas kerjasama Kota dan Kabupaten yang telah memenuhi hak anak dan perempuan dalam rangka mewujudkan SDM yang berkualitas.

Kota Solo menjadi salah satu kota yang menyabet penghargaan kota layak anak
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News