2 Hari Jawa Tengah Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem, BMKG Tandai Daerah Ini

Selasa, 02 Agustus 2022 – 16:45 WIB
2 Hari Jawa Tengah Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem, BMKG Tandai Daerah Ini - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Cuaca ekstrem bakal melandaa Jawa Tengah selama 2 hari. Foto: ANTARA/Aprionis

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan akan terjadi cuaca ekstrem di Jawa Tengah selama 2 hari, Selasa (2/8) sampai dengan Rabu (3/8).

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno menuturkan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Menurutnya, kelembapan udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 2-3 Agustus 2022 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah.

Berikut prakiraan cuaca ekstrem di Jawa Tengah:

Selasa, 2 Agustus 2022

Purbalingga, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Grobogan, Rembang, Jepara, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Temanggung, Kab. Semarang, Kendal, Batang, Pemalang dan Sekitarnya

Rabu, 3 Agustus 2022

BMKG memprakirakan Jawa Tengah akan dilanda cuaca ekstrem selama 2 hari. Berikut sebarannya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News