Bendera Raksasa Dibentangkan di Kali Anyar Solo, Pesannya, Jleb Banget!

Rabu, 17 Agustus 2022 – 14:04 WIB
Bendera Raksasa Dibentangkan di Kali Anyar Solo, Pesannya, Jleb Banget! - JPNN.com Jateng
Puluhan relawan tergabung Korsp Relawan Peduli Sungai Solo Raya (KARSA) menggelar ucapara bendera HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di tengah sungai Kali Anyar Bendung Tirtonadi Banjarsari Solo, Rabu (17/9/2022). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, SOLO - Korps Relawan Peduli Sungai Solo Raya (KARSA) menggelar upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di tengah Kali Anyar tepatnya Bendung Tirtonadi Banjarsari Solo, Rabu (17/8).

Para sukarelawan tersebut mengibarkan bendera merah putih raksasa ukuran 8 kali 12 meter yang terbentang di tengah-tengah Kali Anyar. Mereka yang menaiki kano kemudian membentuk angka 77.

Warga di sekitar sungai tampak antusias di pinggiran untuk memperingati HUT ke-77 RI guna mengingat dan menghormati perjuangan para pahlawan.

Koordinator upacara HUT RI di Kali Anyar Solo Sabar Gorky mengatakan upacara sengaja dilaksanakan dengan membentangkan bendera merah putih raksasa di tengah sungai.

Pihaknya ingin mengajak warga untuk mencintai sungai dan air dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Upacara di sungai ini, tujuannya mengajak masyarakat sama-sama untuk mencintai sungai. Sungai dibuat menjadi halaman rumah bukan belakang rumah yang dahulu untuk membuang sampah," kata Gorky.

Sugeng Riyanto selaku inspektur upacara yang juga wakil Ketua DPRD Kota Surakarta dalam amanatnya menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk menjaga sungai dalam kondisi tetap baik yang akan diwariskan ke anak cucu ke depan.

"Kenapa upacara peringatan HUT RI dilaksanakan di sungai, dengan tujuan ingin kampanye bahwa sungai kita saat ini, tidak sedang kondisi baik-baik dan hampir semua tercemar," kata Sugeng.(antara/jpnn)

Aktivis lingkungan menggelar Upacara HUT ke-77 RI di tengah sungai. Ada pesan menohok yang ingin disampaikan.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News