Jalan Mas Mansyur Sering Macet, Pemkot Pekalongan: Solusinya Dibangun Jembatan Layang

Selasa, 30 Agustus 2022 – 22:50 WIB
Jalan Mas Mansyur Sering Macet, Pemkot Pekalongan: Solusinya Dibangun Jembatan Layang - JPNN.com Jateng
Kondisi arus lalu lintas di persimpangan jalur kereta api Jalan KH Mas Mansyur Kota Pekalongan. ANTARA/Kutnadi

jateng.jpnn.com, PEKALONGAN - Jalan Mas Mansyur Kota Pekalongan, Jawa Tengah, hampir setiap hari terjadi kemacetan lalu lintas kendaraan.

Atas dasar tersebut Pemkot Pekalongan mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk membangun jembatan layang (fly over) di jalan tersebut sebagai upaya mengurai kemacetan.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid menyampaikan perlintasan sebidang di Jalan Mas Mansyur menjadi titik simpul kemacetan, karena frekuensi perjalanan kereta api yang melintas di jalan itu cukup tinggi dengan kondisi jalan sering rusak.

"Sebenarnya, di ruas jalan itu bukan kewenangan pemkot, tetapi kami bersama Komisi A DPRD Kota Pekalongan sudah ke Bappenas dan sudah bertemu dengan Dirjen Perhubungan," katanya, Selasa (30/8).

Saat bertemu dengan Dirjen Perhubungan, lanjut dia, yang diajukan bukan hanya fokus pada perbaikan jalan saja, tetapi juga mencari solusi agar kendaraan besar seperti truk dan bus tidak masuk ke dalam kota.

"Semula pemkot memiliki dua opsi untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas kendaraan di Jalan Mas Mansyur yaitu membangun jembatan layang dan membangun jalur lingkar utama (jalingkut)," jelasnya.

Namun, untuk upaya alternatif pembangunan jalur lingkar utara, kata dia, pemkot harus melakukan komunikasi dan sinergi dengan dua kabupaten yaitu Batang dan Kabupaten Pekalongan.

Afzan yang akrab disapa Aaf mengatakan berdasarkan rekomendasi dari Bappenas, pihaknya mengupayakan adanya alternatif lain yaitu pembangunan jembatan layang.

Pemerintah Kota Pekalonganmengusulkan kepada pemerintah pusat untuk membangun jembatan layang (fly over) di Jalan Mas Mansyur sebagai upaya mengur
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News