FESPIN 2022, Ada Replika Payung Mangkunegaran Solo, Lihat

Jumat, 02 September 2022 – 23:58 WIB
FESPIN 2022, Ada Replika Payung Mangkunegaran Solo, Lihat - JPNN.com Jateng
Sejumlah replika payung kerajaan yang dipamerkan pada Festival Payung Indonesia di Pura Mangkunegaran Solo, Jumat (2/9/2022). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Festival Payung Indonesia (FESPIN) 2022 yang bertajuk The Kingdom and Umbrella akan menampilkam replika payung pola Mangkunegaran Solo.

Direktur Program FESPIN 2022 Heru Mataya mengatakan ada 20 motif Pura Mangkunegaran, salah satunya Songsong.

"Kami buat replikanya dengan ukuran diameter 6 meter, kami buat besar untuk edukasi," katanya, Jumat (2/9).

Dia mengatakan pada festival payung kali ini para kreator yang terlibat berupaya untuk melestarikan dan mengkreasikan.

"Payung menjadi salah satu ikon budaya nusantara. Melalui festival ini kami ingin menegaskan bahwa Indonesia kaya akan budaya," katanya.

Ada 81 kelompok seni dan komunitas kreatif dari berbagai daerah yang terlibat pada penyelenggaraan FESPIN 2022 selama 2-4 September tersebut.

"Ada 81 kelompok yang akan terlibat," kata Heru.

Sementara itu, perwakilan dari Pura Mangkunegaran GRAj Ancilla Sura Sudjiwo mengatakan relasi antara payung dengan kerajaan sangat kental.

Replika payung pola Mangkunegaran tampil pada Festival Payung Indonesia (FESPIN) 2022 yang bertajuk The Kingdom and Umbrella.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News