Mangkunegara X Pimpin Upacara Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari Solo

Kamis, 17 Agustus 2023 – 14:37 WIB
Mangkunegara X Pimpin Upacara Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari Solo - JPNN.com Jateng
Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X memimpin upcara HUT ke-78 RI di Stadion Sriwedari Solo, Kamis (17/8). Foto: Romensy Augustino/Jpnn.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Semangat keberagaman dan kolaborasi mewarnai upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di Stadion Sriwedari Solo, Kamis (17/08).

Kanjeng Gusti Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng Kangjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo didaulat menjadi inspektur upacara untuk pertama kalinya.

Sementara itu Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda menjadi peserta upacara. Begitu pula dengan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa dan sejumlah pejabat Pemkot Surakarta lainnya. Mereka mengenakan pakaian adat dari sejumlah wilayah yang ada di Indonesia.

Upacara 17 Agustus 2023 ini dibuka dengan pertunjukan tari khas Mangkunegaran dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih.

Mangkunegara X dalam amanat inspektur upacara menyampaikan agar masyarakat Indonesia saat ini terus mengenang jasa para pahlawan sebagai dasar semangat untuk terus berjuang memajukan bangsa.

"Semangat perjuangan mereka terus tetap hidup bersama kita hari ini, mendorong kita untuk terus melangkah dan berjuang demi Indonesia," ujarnya.

Dia berpesan untuk mewujudkan Indonesia maju, masyarakat wajib mewarisi jiwa yang memiliki semangat kebersamaan, mendahulukan kepentingan bersama. Khusus untuk Kota Solo, setiap warganya adalah agen dari perubahan untuk membangun menuju kota budaya yang modern, gesit dan sejahtera.

"Gotong royong adalah kunci. Begitu banyak kemajuan di Kota Solo yang hadir dari kolaborasi masyarakat dan pemerintah," kata dia.

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X memimpin upacara HUT ke-78 Republik Indonesia di Stadion Sriwedari Solo.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News