Gibran Siapkan Anggaran Bansos, Penerimanya UMKM dan Transportasi

Rabu, 07 September 2022 – 08:00 WIB
Gibran Siapkan Anggaran Bansos, Penerimanya UMKM dan Transportasi - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyiapkan anggaran bansos untuk UMKM dantransportasi. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Pemkot Surakarta sudah mengalokasikan anggaran untuk bantuan sosial khusus sektor usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan transportasi sebesar Rp 4,2 miliar.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan anggaran dari pemerintah pusat tersebut bersumber dari dana alokasi umum (DAU) sebesar 2 persen.

"Terutama untuk transportasi yang berperan membawa bahan pangan dari luar kota ke Solo. Ini yang akan bisa mengendalikan inflasi dari situ," katanya, Rabu (7/9).

Dia menyampaikan calon penerima bansos ini di antaranya juru parkir, taksi, sopir truk, bus antarkota, dan ojek online. Mereka wajib memeliki KTP Surakarta dan bergerak di bidang penyaluran suplai.

"Langkah ini sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk membuat bantalan-bantalan bantuan bagi masyarakat rentan menyusul kenaikan harga BBM," ungkapnya.

Gibran mengatakan calon penerima dari bantuan sosial ini masih dalam tahap pendataan oleh dinas-dinas terkait untuk memastikan tidak ada penerima ganda.

"Pasti (antisipasi penerima ganda), makanya habis ini tak rapatke. Akan kami ploting siapa saja yang menerima," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surakarta Ahyani mengatakan untuk anggaran yang disiapkan tersebut diperuntukkan kepada sekitar 7.000 penerima.

Gibran sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 4,2 miliar untuk bansos yang diberikan kepada para UMKM dan jasa transportasi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News