Lihat, Meriahnya Acara Kirab Budaya G20 di Borobudur

Senin, 12 September 2022 – 12:49 WIB
Lihat, Meriahnya Acara Kirab Budaya G20 di Borobudur - JPNN.com Jateng
Peserta dari Desa Kembanglimus mengusung instalasi gajah pada kirab budaya G20 di Borobudur, di Kabupaten Magelang, Jateng, Senin (12/9/2022) FOTO ANTARA/Heru Suyitno

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Kirab budaya dalam rangkaian kegiatan G20 di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang berlangsung meriah, Senin (12/9).

Sekitar 2.00 warga dari 20 desa ikut dalam prosesi kirab budaya yang rute awalnya dimulai dari Candi Pawon menuju Candi Borobudur tersebut.

Sebelum Kirab Budaya G20 dilakukan, diawali doa bersama oleh perwakilan 20 desa di Kecamatan Borobudur di halaman Candi Pawon.

Peserta kirab mengenakan baju sesuai dengan ikon yang diusung. Masing-masing kelompok desa membawa instalasi fauna ukuran besar dengan cara dipanggul secara berkelompok.

Jenis instalasi yang dibawa merupakan bahan alami, di antaranya pelepah pisang, bambu, daun pandan merupakan fauna yang terdapat di relief Candi Borobudur, antara lain gajah, ayam jantan, penyu, babi hutan, buaya, merak, dan lainnya.

Camat Borobudur Subiyanto mengatakan kegitan G20 memang melibatkan masyarakat umum, salah satu di antaranya kirab budaya yang melibatkan 20 desa dengan 100 orang per desa.

Dalam kirab budaya ini, lanjut dia, nuansa yang dibangun adalah aktualisasi relief Candi Borobudur dalam bentuk fauna atau hewan.

"Ada naga, ada gajah, ada kijang kencana dan sebagainya. Kami berharap kebesaran Candi Borobudur bisa memberikan nilai kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.

Sekitar 2.000 warga dari 20 desa di Kecamatan Borobudur mengikuti kirab budaya dalam memeriahkan rangkaian G20.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News