Pasar Malam Sekaten Solo Segera Dibuka, Ratusan Stan Sudah Habis Tersewa

Selasa, 13 September 2022 – 18:29 WIB
Pasar Malam Sekaten Solo Segera Dibuka, Ratusan Stan Sudah Habis Tersewa  - JPNN.com Jateng
Kondisi Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta, Selasa (13/09/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Pasar Malam Sekaten Solo akan mulai buka pada, 16 September-16 November 2022 di Alun-Alun Utara, Selatan, dan Kawasan Pergelaran Keraton Kasunanan Surakarta. 

Meski sempat mendapat protes dari para pedagang dikarenakan harga sewa yang terlalu tinggi, puluhan tenda dan beberapa perlengkapan untuk wahana permainan sudah berdiri, di Kawasan Alun-Alun Utara, Solo, Selasa (13/09). 

Panitia membagi lokasi stan ke dalam beberapa kategori, yakni zona A, B, hingga VIP dengan total mencapai 800 stan.

Penasehat Event Organizer (EO) Diana Ria Enterprise Muntohar mengatakan seluruh stan yang telah disediakan oleh panitia sudah seluruhnya disewa termasuk zona VIP yang hanya tersedia 48 kapling. 

"Kami sebenarnya sudah sosialisasi, banyak pedagang yang menunda pesan. Akhirnya hanya tersisa zona VIP seharga Rp 12 Juta untuk satu bulan," katanya.

Zona itu pun akhirnya disewa dengan harga berkisar Rp 9 - Rp 10 juta setelah negosiasi. Sementar di kawasan pagelaran biaya sewanya Rp 7 juta.

"Harga paling murah itu berkisar Rp 1,8 - Rp 2,5 juta. Itu lapak-lapak tanpa tenda yang berada 10 meter dari pagar alun-alun," ujarnya.

Untuk para penjual kinang dan telur asin di kawasan Masjid Agung yang hanya ada saat Grebeg Sekaten akan digratiskan.

Pasar Malam Sekaten Solo bakal dibuka selam sebulan. Ratusan stan yanag disediakan panita sudah habis tersewa.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News