Tinjau Harga Sembako di Solo, Mendag Zulkifli Hasan Kaget

Kamis, 15 September 2022 – 14:08 WIB
Tinjau Harga Sembako di Solo, Mendag Zulkifli Hasan Kaget - JPNN.com Jateng
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat berinteraksi dengan salah satu pedagang di Pasar Gede Solo, Kamis (15/9/2022). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Kamis (15/9).

Seusai sidak, dia mengaku heran dengan sejumlah harga sembako di Pasar Gede Solo lantaran sangat murah, meski tempat tersebut merupakan kawasan wisata.

Dia menyebutkan harga telur ayam hanya Rp 27.000/kg dan harga daging ayam Rp 35.000/kg.

"Itu di pasar murah sekali, tetapi kemarin lebih murah lagi. Di pengusaha UMKM (ayam) cuma Rp 15.500/kg, itu banyak yang rugi, tutup karena modalnya untuk membesarkan ayam kan Rp 23.000-Rp 24.000," katanya.

Melihat kondisi tersebut, belum lama ini pihaknya memanggil pengusaha besar dan akhirnya disepakati akan dilakukan kenaikan harga ayam Rp 500/hari.

"Sekarang Rp 20.000/kg di peternak, sudah pas-pasan. Harus bisa Rp 22.000/kg di peternak untuk bisa mengembangkan usahanya, sampai nanti ketemu di angka Rp 24.000/kg," kata Mendag.

Dia menyebutkan sejauh ini belum ada kenaikan harga bahan pokok yang signifikan akibat kenaikan harga BBM.

"Andai kata ada perubahan, presiden perintahkan kepada kami untuk kemudian disampaikan ke pemda, begitu ada kenaikan dicek betul karena ini menyangkut kebutuhan makanan masyarakat," ujarnya.

Mendag Zulkifli Hasan mengaku terheran dengan harga sembako saat sidak di Pasar Gede Solo.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News