Ditreskrimsus Polda Jateng Sidak SPBU di Demak, Pastikan Tidak Ada Kecurangan

Senin, 01 April 2024 – 18:28 WIB
Ditreskrimsus Polda Jateng Sidak SPBU di Demak, Pastikan Tidak Ada Kecurangan - JPNN.com Jateng
Ditreskrimsus Polda Jateng saat menyidak SPBU di Demak, Senin (1/4). Foto: Humas Polres Demak

jateng.jpnn.com, DEMAK - Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah bersama Satreskrim Polres Demak dan UPTD Balai Metrologi Kabupaten Demak melakukan pengecekan di sejumlah SPBU di wilayah setempat, Senin (1/4).

Inspeksi mendadak (sidak) tersebut untuk mengantisipasi kecurangan sekaligus memastikan kualitas dan penyaluran BBM bersubsidi. Adapun pengecekan dilakukan di SPBU Karangrejo dan SPBU Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam Demak.

Kasat Reskrim Polres Demak AKP Winardi mengatakan kegiatan ini bagian dari tanggung jawab menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, terutama terkait dengan ketersediaan dan kualitas BBM bersubsidi.

"Tim telah melakukan pemeriksaan diantaranya verifikasi terhadap alat ukur SPBU untuk memastikan ketepatan dan keakuratan pengukuran, guna melindungi konsumen dari kerugian akibat pengisian BBM yang tidak sesuai standar," katanya.

Selain itu, dikatakan Winardi, tim juga melakukan pengecekan dokumen terkait izin penjualan BBM dan surat keterangan hasil pengujian tera pompa ukur bahan minyak, pengecekan segel tera, pengecekan komponen pompa ukur BBM, pengujian pompa ukur dengan alat ukur basah kapasitas 20 liter.

"Langkah ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi pemilik SPBU untuk mematuhi aturan dan menjaga integritas dalam menjalankan usahanya,” ujarnya.

Dia meminta pengelola SPBU untuk tidak melayani pembelian BBM secara berlebihan untuk mengantisipasi penimbunan BBM bersubsidi.

"Selain itu, kami mengimbau masyarakat untuk melaporkan kepada pihak berwajib apabila mengetahui terjadinya penyalahgunaan atau kecurangan yang dilakukan SPBU," ujarnya.(mar4/jpnn)

Ditreskrimsus Polda Jateng menyidak SPBU di Demak guna mengantisipasi adanya kecurangan sekaligus memastikan kualitas dan penyaluran BBM bersubsidi

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News