Mendag Lepas Ekspor Tekstil PT Sritex, 50 Kontainer ke 100 Negara, Wow

Jumat, 16 September 2022 – 03:10 WIB
Mendag Lepas Ekspor Tekstil PT Sritex, 50 Kontainer ke 100 Negara, Wow - JPNN.com Jateng
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas ekspor dari Sritex di Kabupaten Sukoharjo, Kamis (15/9/2022). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SUKOHARJO - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas ekspor tekstil produksi PT Sritex Tbk di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (15/9).

Produksi tekstil tersebut akan dikirimkan ke sejumlah negara dengan nilai sebesar USD 3,71 juta.

"Ekspor ini bisa masuk rekor MURI, saya biasanya melepas dua, tiga, atau satu kontainer, ini bisa sampai 50 kontainer ke 20 negara. Yang lebih menggembirakan lagi (Sritex memiliki) hampir 100 negara mitra," kata Mendag.

Dia menyampaikan Presiden Joko Widodo telah memerintahkan agar dalam satu bulan paling tidak ada tiga misi dagang ke luar negeri, terutama ke pasar baru.

"Ini saya akan buat perjanjian dengan Mesir, maka nanti kami selesaikan. Kemudian ke Nigeria, Maroko, dan beberapa negara Afrika. Selain itu juga (tetap mempertahankan) pasar tradisional," katanya.

Menurutnya, saat ini Indonesia menghadapi tantangan yang tidak ringan, salah satunya situasi geopolitik yang cepat berubah.

"Antara Barat dan Timur dipelopori oleh Tiongkok cepat sekali perubahannya. Persaingan ini juga banyak dipicu oleh Rusia dan Ukraina yang memberikan dampak luar biasa," katanya.

Pihaknya mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Januari-Juni 2022 secara keseluruhan meraih surplus USD 24,89 miliar dengan pertumbuhan ekonomi dalam negeri sebesar 5,44 persen.

Mendag Zulkifli Hasan melepas ekspor tekstil produksi PT Sritex ke 100 negara dengan nilai sebesar USD 3,71 juta.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News