Festival Lima Gunung di Magelang: 36 Seniman Hadirkan 'Wahyu Rumagang'

Jumat, 30 September 2022 – 21:52 WIB
Festival Lima Gunung di Magelang: 36 Seniman Hadirkan 'Wahyu Rumagang' - JPNN.com Jateng
Sejumlah warga menyaksikan karya seni rupa yang dipamerkan di arena Festival Lima Gunung di kawasan Gunung Andong, Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (30/9/2022). ANTARA/Hari Atmoko

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Festival Lima Gunung XXI/2022 di kawasan Gunung Andong di Dusun Mantran, Desa Girirejo, Kabupaten Magelang, digelar pada 30 September-2 Oktober 2022.

Dalam acara tersebut, sebanyak 36 seniman muda Magelang dan Yogyakarta menghadirkan pameran lukisan dan topeng bertajuk Wahyu Rumagang.

Para perupa yang berjejaring dengan seniman petani Komunitas Lima Gunung (Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Menoreh) menyuguhkan 40 lukisan dan 50 topeng.

Wahyu Rumagang merupakan makna kebangkitan dan semangat baru pascapandemi, khususnya kalangan generasi muda.

Salah satu seniman muda Khoirul Mutaqin mengatakan mereka menggelar pameran merupakan ungkapan semangat untuk terus berkarya seni.

"Terus membangkitkan semangat untuk berkarya seni, menghasilkan karya-karya yang terbaik," ujar seniman topeng Komunitas Lima Gunung itu, Jumat (30/9).

Dia juga menyebut pameran seni rupa menjadi ajang silaturahim dan memperkuat semangat kebersamaan para seniman muda melalui pameran bersama.

Dalam Festival Lima Gunung beberapa tahun terakhir, Khoirul atau akrab disapa Iroel berperan sebagai koordinator pameran seni rupa.

36 seniman muda Magelang dan Yogyakarta pameran lukisan dan topeng bertajuk
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News