Kuburan Massal di Hutan Plumbon Semarang, Saksi Bisu Tragedi Berdarah 1965

Jumat, 30 September 2022 – 21:00 WIB
Kuburan Massal di Hutan Plumbon Semarang, Saksi Bisu Tragedi Berdarah 1965 - JPNN.com Jateng
Kuburan massal korban tragedi 65 di tengah Hutan Plumbon, Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. FOTO: Dokumen untuk JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Peristiwa Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI terekam di Hutan Plumbon, Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Di tengah Hutan Plumbon terdapat kuburan massal tempat peristirahatan terakhir para korban pembantaian insiden G30S/PKI.

Lokasi persemayaman berada di tengah hutan. Membutuhkan waktu untuk sampai ke pemakaman karena melintasi semak belukar yang menutupi jalan masuk lokasi.

Kondisi tersebut membuat sulit bagi orang awam untuk menemukannya. Sebab, secara sepintas tak terlihat ada sebuah akses menuju ke sana.

Letaknya cukup dalam di tengah hutan, bahkan untuk ke sana, harus melalui lahan pertanian dan jembatan tua yang terbuat dari kayu.

Meskipun lokasi pemakaman jauh dari pemukiman warga. Akan tetapi, sebagian besar warga Kota Semarang telah mengetahui keberadaan makam korban G30S/PKI itu.

Mayoritas para korban yang disemanyamkan merupakan warga Kabupaten Kendal. Pasalnya, sebelum Kota Semarang melakukan pemekaran, lokasi itu masuk Kabupaten Kendal.

Menurut Yunantyo Adi, Aktivis Kemanusiaan dan Pegiat Hak Asasi Manusia (HAM), terdapat delapan nama yang dibaringkan dalam pemakaman massal tersebut.

Saksi bisu kekejaman tragedi 65 tercatat di kuburan massal Hutan Plumbon Semarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News