Ikuti Seruan Jokowi, Wisatawan Jawa Tengah Membeludak

Sabtu, 01 Oktober 2022 – 16:59 WIB
Ikuti Seruan Jokowi, Wisatawan Jawa Tengah Membeludak - JPNN.com Jateng
Harmony in Diversity, Borobudur International Arts and Performance Festival (BIAPF). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merespons seruan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pariwisata dalam negeri.

Upaya tersebut merupakan komitmen Pemprov Jawa Tengah mengembangkan sektor sport tourism (olahraga berbasis wisata), desa wisata, dan berbagai acara wisata sebagai pengembangan destinasi.

Data dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah menunjukkan jumlah ajang sport tourism yang telah digelar mencapai 121 acara. Tour De Borobudur dan Borobudur Marathon merupakan dua di antaranya.

"Target 2022 di Jateng sebesar 11 juta orang. Sampai Agustus itu sudah lebih target, yakni 26 juta wisatawan," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disporapar Jawa Tengah Setyo Irawan, Sabtu (1/30).

Dalam pertemuan Forum Komunikasi Desa Wisata di Lembah Asri Purbalingga, dia menyebut dukungan kebijakan pemerintah kabupaten atau pemerintah kota kompak menarik wisatawan dengan berbagai ajang wisata.

"Tentu ini sebuah prestasi tersendiri setelah Covid-19," ujarnya.

Walau melampaui target, pihaknya menyebut Pemprov Jateng tetap memiliki sasaran kunjungan wisatawan diberbagai destinasi. Seperti di antaranya Borobudur, Dieng, Solo, Sangiran, Karimunjawa, dan Solo serta beberapa tempat lain.

"Minat wisatawan ke Jateng untuk pariwisata tinggi sekalian kami genjot bisa melebihi atau minimal sama sebelum pandemi itu sekitar 49 juta," tuturnya.

Wisatawan Jawa Tengah membeludak setelah mengikuti seruan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News