Hewan Ternak di Grobogan Bakal Dipasangi Tanda Identitas, Buat Apa?

Jumat, 07 Oktober 2022 – 14:48 WIB
Hewan Ternak di Grobogan Bakal Dipasangi Tanda Identitas, Buat Apa? - JPNN.com Jateng
Pelaksanaan vaksinasi penyakit menular kuku dan mulut terhadap kerbau yang ada di Pasar Ketitang, Kecamatan Godong, Kabupaten Purwodadi, Jawa Tengah. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

jateng.jpnn.com, GROBOGAN - Pemkab Grobogan, Jawa Tengah, bakal memasangi tanda identitas untuk hewan ternak berupa eartag secure Quick Response (QR) Code.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan Riyanto mengatakan pemasangan tanda identitas tersebut untuk kepentingan pendataan populasi hewan ternak di daerah setempat.

"Kami sudah mendapatkan tanda pengenal atau identitas (Eartag Secure QR Code) dari Pemerintah Pusat sebanyak 15.000 keping," katanya, Jumat (7/10).

Saat ini, pihaknya sedang mengambil alat untuk memasangkan tanda tersebut ke ternak di Pemprov Jateng.

Dia mengungkapkan Grobogan mendapatkan alokasi 300 aplikator sehingga bisa diterjunkan petugas pemasangan eartag dalam jumlah banyak untuk kerbau dan sapi.

Jumlah populasi ternak sapi di Grobogan berdasarkan pendataan sebelumnya mencapai 204.000 ekor, sedangkan populasi kerbau sekitar 3.000 ekor.

Pada masing-masing tanda pengenal tersebut akan terdapat informasi tentang nama pemilik, alamat, status reproduksi, dan kesehatan, serta informasi penting lainnya.

"Data hewan yang diberi tanda pengenal dan pemiliknya akan diinput pada aplikasi yang tersedia," ujarnya.

Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK), Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan menyebutkan belum mencapai 100 persen, karena disesuaikan dengan vaksin yang diterima.

"Capaian vaksinasi PMK hingga September 2022, baru menyasar 20.000 ekor ternak," ujarnya.(antara/jpnn)

Pemkab Grobogan, Jateng, bakal memasang tanda identitas untuk hewan ternak di sana. Ternyata demi kepentingan ini.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News