Hujan Deras, 2 Kelurahan di Semarang Terendam Banjir

Kamis, 13 Oktober 2022 – 22:00 WIB
Hujan Deras, 2 Kelurahan di Semarang Terendam Banjir - JPNN.com Jateng
Kondisi genangan air di Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. FOTO: Humas BPBD Kota Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Hujan deras membuat dua kelurahan di Kota Semarang tergenang banjir. Limpasan air Sungai Beringin dan Sungai Bhakti itu menggenangi sejumlah rumah warga.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Winarsono mengatakan ketinggian air bah mencapai 40 sentimeter di Kelurahan Wonosari, Kecamatan  Ngaliyan, dan Kelurahan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu.

"Ini karena hujan deras, air sungai meluap yang mengakibatkan beberapa titik di dua kelurahan itu tergenang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (13/10).

Winarsono menyebut ada sebanyak 445 kepala keluarga atau KK di dua kelurahan tersebut yang terkena dampak luapan dua daerah aliran sungai.

"300 KK di Kelurahan Mangkang Wetan dan 145 KK di Kelurahan Wonosari," tuturnya.

Kini, pihaknya masih melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak. Termasuk dengan memberikan bantuan darurat kebencanaan.

"Kebutuhan mendesak sembako, selimut, matras, dan dapur umum yang akan dibuka besok pagi Kelurahan Wonosari dan Mangkang Wetan," ujarnya.

Winarsono berkata, debit air di pemukiman warga dua kelurahan tersebut perlahan turun. Pihaknya memfokuskan pembersihan lumpur yang tinggi.

Dua kelurahan di Semarang terendam banjir setelah didera hujan deras. Ratusan warga pun mengungsi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News