KM Tauladan Terbalik di Perairan Kebumen, 6 ABK Tenggelam, Begini Nasib Mereka

Jumat, 14 Oktober 2022 – 17:25 WIB
KM Tauladan Terbalik di Perairan Kebumen, 6 ABK Tenggelam, Begini Nasib Mereka - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Basarnas Cilacap melakukan pencarian terhadap korban tenggelam akibat kecelakaan laut. ANTARA/HO-Basarnas Cilacap

jateng.jpnn.com, KEBUMEN - Kapal Motor (KM) Tauladan yang membawa enam anak buah kapal (ABK) terbalik di perairan selatan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, akibat terhempas gelombang.

Tim search and rescue (SAR) gabungan melakukan upaya evakuasi terhadap enam nelayan asal Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang dilaporkan tenggelam.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sarjono mengatakan Tim Penolong Kecelakaan Laut (TPKL), baik dari kelompok nelayan, ketua rukun nelayan, maupun relawan yang ada di Pantai Jetis, Kecamatan Nusawungu, Cilacap, sudah berada di lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi terhadap seluruh ABK yang tenggelam.

Disinggung mengenai kondisi KM Tauladan, dia mengatakan berdasarkan informasi yang diperoleh HNSI Cilacap, kapal tersebut tenggelam setelah terhempas gelombang.

"Lambung kapal tersebut diduga tidak dilengkapi dengan peralatan pengaman semacam pelampung, sehingga tidak mengapung di permukaan air setelah terhempas gelombang," katanya, Jumat (14/10).

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap Adah Sudarsa mengatakan pihaknya telah menerjunkan satu regu Basarnas beserta peralatan lengkap ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban.

"Informasi terakhir yang kami peroleh, korban telah ditemukan dengan keadaan selamat," katanya.

Terkait kronologi kejadian, kata Adah, berdasarkan informasi yang diperoleh Basarnas Cilacap, KM Tauladan yang berkapasitas 13 gross tonnage (GT) tersebut, berangkat dari Dermaga Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Cilacap pada hari Sabtu (8/10), pukul 05.00 WIB, menuju perairan selatan Kebumen untuk melakukan aktivitas penangkapan ikan.

KM Tauladan terbalik di perairan selaran Kebumen, Jawa Tengah, akibat hempasan gelombang. Enam ABK tenggelam.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News