Peringatan Dini BMKG Terkait Cuaca Ekstrem di Jateng 3 Hari ke Depan, Perhatikan!

Senin, 07 November 2022 – 12:21 WIB
Peringatan Dini BMKG Terkait Cuaca Ekstrem di Jateng 3 Hari ke Depan, Perhatikan! - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Cuaca ekstrem bakal melanda Jawa Tengah. Foto: ANTARA/Aprionis

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem akan melanda Jawa Tengah selama 3 hari, Senin (7/11) sampai dengan Rabu (9/11).

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terdapat daerah belokan dan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah.

Menurutnya aktifnya gelombang Rossby dan anomali suhu muka laut positif di Laut Jawa dan Samudera Hindia selatan Jawa memicu adanya peningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

"Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah," katanya.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dalam waktu singkat untuk periode 7-9 November 2022.

Berikut prakiraan sebaran cuaca ekstrem di Jawa Tengah:

Senin, 7 November 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Kudus, Temanggung, Salatiga, Kab./Kota Semarang, Kendal, Kab. Pekalongan, Kab. Tegal, Brebes dan sekitarnya

BMKG memprediksi cuaca ekstrem bakal melanda Jateng 3 hari ke depan. Warga yang wilayahnya ditandai harap berhati-hati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News