Malam Tahun Baru 2023, Berikut Daerah di Jateng yang Bakal Diguyur Hujan

Jumat, 30 Desember 2022 – 13:10 WIB
Malam Tahun Baru 2023, Berikut Daerah di Jateng yang Bakal Diguyur Hujan - JPNN.com Jateng
BMKG memprakirakan hujan lebat disertai petir dan angin kencang bakal melanda Jawa Tengah pada malam Tahun Baru 2023.. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jateng.jpnn.com, CILACAP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prediksinya terkait kondisi cuaca pada malam Tahun Baru 2023 di Jawa Tengah.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stamet Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Jawa Tengah.

"Prakiraan ini berdasarkan prospek cuaca ekstrem yang dirilis BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Ahmad Yani Semarang," katanya, Jumat (30/12).

Menurutnya, Hasil analisis terhadap dinamika atmosfer diketahui indeks El Nino-Southern Oscillation (ENSO) di wilayah Nino 3.4 mendukung peningkatan hujan di wilayah Indonesia.

Selain itu, Madden-Julian Oscillation (MJO) diprakirakan terpantau aktif di Pulau Jawa termasuk wilayah Jateng, yang berpotensi menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan.

"Adanya pertemuan massa udara dingin dari Asia dengan massa udara panas dari Australia meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia termasuk Jateng," ujarnya.

Dia mengatakan intensifikasi seruakan dingin Asia dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian barat termasuk Jateng.

Menurut dia, labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jateng.

Prediksi BMKG menyebutkan kondisi cuaca di kabupaten/kota di Jateng yang bakal diguyur hujan pada malam Tahun Baru 2023.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News