Berkat Bantuan Ganjar, Petani Purworejo Bisa Panen 3 Kali, Senangnya

Senin, 09 Januari 2023 – 06:06 WIB
Berkat Bantuan Ganjar, Petani Purworejo Bisa Panen 3 Kali, Senangnya - JPNN.com Jateng
Petani di Desa Krandegan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, menunjukkan pompa air tenaga surya bantuan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, PURWOREJO - Bantuan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berupa pompa air tenaga surya untuk petani di Desa Krandegan, Kecamatan Bayan, Purworejo, berbuah manis. Petani di sana kini bisa panen setahun tiga kali.

Bantuan panel listrik tenaga surya senilai Rp 450 juta yang bersumber dari APBD Pemprov Jateng tahun 2022 itu dimanfaatkan untuk mengoperasikan pompa air irigasi pertanian.

Petani Desa Krandegan Mustangin mengatakan bantuan itu sangat membatu petani di desanya. Menurut dia, sawah di Desa Krangdegan merupakan tadah hujan.

"Setelah adanya bantuan pompa air tenaga surya, Alhamdulillah masyarakat senang sekali dan membantu pengairan di Desa Krandegan," ujar dia belum lama ini.

Dia menjelaskan, panel listrik tenaga surya itu berfungsi menghidupkan pompa air untuk menyedot air Sungai Dolang yang kemudian dialirkan ke area sawah melalui parit.

Terpenuhinya kebutuhan air untuk pertanian, menjadikan petani bisa tiga kali tanam dan tiga kali panen dalam setahun.

Menurutnya, bantuan itu juga bisa mengurangi beban petani, terutama untuk mendapat air.

Sebelum mendapat bantuan Ganjar, petani menggunakan mesin diesel tiap musim kemarau. Sekali masa tanam, butuh hingga lima kali pengairan di mana sekali mengairi setidaknya butuh 10 liter solar.

Petani Purworejo tersenyum riang berkat bantuan Ganjar Pranowo. Mereka kini bisa panen sebanyak tiga kali dalam setahun.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News