Musim Hujan, DBD Mengintai, Wagub Jawa Tengah Imbau Masyarakat Waspada

Rabu, 11 Januari 2023 – 21:53 WIB
Musim Hujan, DBD Mengintai, Wagub Jawa Tengah Imbau Masyarakat Waspada - JPNN.com Jateng
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen meninjau lokasi banjir di Perumahan Dinar Indah Semarang. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengimbau masyarakat waspada terhadap penyakit pada musim hujan.

Selain itu, banyaknya bencana banjir yang timbul belakangan ini berpotensi memunculkan penyakit, satu di antaranya demam berdarah dengue (DBD).

"Masyarakat perlu waspada. DBD bisa saja muncul dan menyebar dengan cepat. Kita bersama-sama pantau kondisi sekitar. Agar kalau ada genangan air, bisa segera dibersihkan," kata pria yang akrab disapa Gus Yasin tersebut, Rabu (11/01).

Dia menambahkan, berdasarkan laporan yang diterimanya, sampai Desember 2022 jumlah kasus DBD di Jateng mencapai 4.589 pasien. Menurutnya, di awal tahun ini ada temuan kasus yang cukup signifikan.

"Jadi ini masalah serius yang perlu kita waspadai. Pemerintah terus memberikan pelayanan ke masyarakat agar jumlahnya bisa ditekan. Kita minta, dari masyarakat juga meningkatkan awareness (kesadaran) terkait ini. Jadi kita bisa sama-sama, gotong royong menekan DBD," tuturnya.

Beberapa waktu lalu, Gus Yasin meninjau lokasi banjir di Perumahan Dinar Indah, Kelurahan Meteseh, KecamatanTembalang, Kota Semarang. Dia menilai selain menangani tanggul jebol, faktor kesehatan masyarakat juga terus dipantau.

"Kita ada dari Dinkes Kota Semarang, Pemprov Jateng yang terus memantau kesehatan masyarakat. Harapan kami, kasus DBD tidak melonjak. Makanya, ayo sama-sama," ujarnya. (mcr5/jpnn)

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengimbau masyarakat waspada terhadap penyakit demam berdarah dengeu (DBD).

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News