Di Balik Wadas: Dulu Konflik, Kini Warga Bersenda Gurau dengan Petugas

Rabu, 11 Januari 2023 – 21:32 WIB
Di Balik Wadas: Dulu Konflik, Kini Warga Bersenda Gurau dengan Petugas - JPNN.com Jateng
Pengukuran tahap ketiga di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, PURWOREJO - Puluhan warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo yang dulu menolak keras penambangan kini justru ikhlas tanahnya diukur.

Pengukuran tahap ketiga ini merupakan tindak lanjut setelah eks Ketua Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (Gempadewa), Insin Sutrisno menyerahkan berkas 34 bidang ke BPN Kabupaten Purworejo, beberapa waktu lalu.

Proses pengukuran terbagi empat tim, dengan masing-masing tim terdiri dari petugas ukur, Dinas Pertanian dan koordinator warga.

Meski gerimis, warga antusias dan menunjukkan lahan miliknya untuk diukur. Situasi pengukuran berlangsung lancar dan kondusif. Bahkan, pemilik lahan tampak bersendau-gurau dengan petugas.

Satu di antara pemilik lahan, Abdus Solah mengatakan, pengukuran lahan kuweri kali ini terdiri dari 34 bidang. Proses pengukurannya pun melibatkan pemilik lahan secara langsung.

"Ini terdiri dari warga yang sudah menyerahkan berkas ke BPN, beberapa waktu lalu. Semua warga yang menyerahkan berkas ikut pengukuran, ikut menyaksikan," katanya, Selasa (10/1).

Solah mengaku dulu sangat getol dalam barisan kontra penambangan, bahkan, dia kerap berdemonstrasi. Namun, kini dia telah ikhlas melapas lahannya untuk penambangan.

"Dulu menolak, demo ikut. Misinya dulu semua warga mengutuhkan satu desa. Ketika terjadi konflik sebagian tidak bertahan akhirnya ikut serta menyerahkan berkas," tuturnya.

Puluhan warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo yang dulu menolak keras penambangan kini justru ikhlas tanahnya diukur.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia