Ganjar: Sepuluh Daerah di Jateng Terima Penilaian Kepatuhan Terbaik

Jumat, 20 Januari 2023 – 21:47 WIB
Ganjar: Sepuluh Daerah di Jateng Terima Penilaian Kepatuhan Terbaik - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut selama hampir sepuluh tahun memimpin, seringkali muncul keluhan dari masyarakat soal pendidikan, layanan kesehatan, dan sosial.

"Itulah ekspektasi publik, untuk kemudian bisa mendapatkan layanan terbaik," ujarnya dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Penyerahan Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022, di Gradhika Bhakti Praja, Jumat (20/1).

Ganjar menyebut indikator administratif tidak bisa menjadi standar penilaian kualitas pelayanan publik. Menurutnya, baik maupun buruknya pelayanan publik dapat diketahui dari suara masyarakat.

"Makin banyak sound yang keluar di publik, maka sebenarnya layanan itu buruk, gitu saja. Tapi kalau pakai indikator-indikator yang sifatnya administratif tentu tidak akan terasa oleh masyarakat," ujarnya.

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu mengapresiasi para kepala daerah yang telah melakukan perbaikan pelayanan publiknya.

"Saya senang karena dari ORI (Ombudsman RI, red) menilai dari luar dan kemudian kami mencoba melihat daerah-daerah yang dulu layanan publiknya merah sekarang sudah bisa hijau," kata Ganjar.

Baginya, kehadiran Ombudsman RI untuk memberikan penilaian bisa menjadi motivasi tambahan bagi pemerintah untuk perbaikan.

Ada lima kabupaten dan lima kota sebagai penerima hasil penilaian kepatuhan terbaik. Kabupaten Grobogan, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kendal, Kabupaten Kudus, dan Kabupaten Tegal.

Ganjar senang ada 10 daerah di Jawa Tengah mendapatkan penilaian kepatuhan terbaik.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News