Strategi Ganjar Mengatasi Kemiskinan di Jawa Tengah

Rabu, 25 Januari 2023 – 02:00 WIB
Strategi Ganjar Mengatasi Kemiskinan di Jawa Tengah - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan arahan kepada bupati, OPD, camat, dan kepala desa Kabupaten Pemalang dan Brebes di Pendopo Kabupaten Pemalang, Selasa (24/1).

jateng.jpnn.com, PEMALANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi instruksi kepada bupati dan kepala desa agar melaporkan data locus intervensi kemiskinan ekstrem setiap pekan.

Meski arahan soal penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting untuk Pemalang dan Brebes, Ganjar merinci, kepala desa bertugas mendata lalu disupervisi camat dan pihak kabupaten/kota menghimpun data yang didapat untuk dilaporkan secara mingguan.

Locus dan mendesain intervensi ditentukan dengan pendekatan individual dan kolektif. Kepala desa menjadi ujung tombak penentuan sasaran intervensi.

"Satu, kades memastikan warga yang masuk kategori kemiskinan ekstrem dan miskin tidak ekstrem. Datanya kita pastikan dulu. Dua, kondisi riil itu perlu intervensi apa," katanya saat memberikan arahan kepada bupati, OPD, camat, dan kepala desa Kabupaten Pemalang dan Brebes di Pendopo Kabupaten Pemalang, Selasa (24/1).

Intervensi tersebut terbagi lagi dalam dua poin. Pertama, intervensi yang sudah diprogramkan yaitu, asal sumber keuangan yang bisa dicarikan lewat CSR, Baznas, atau sumbangan dari banyak pihak. Kedua, intervensi yang belum diprogramkan.

Setelah memastikan warga yang masuk kategori miskin ekstrem dan miskin tidak ekstrem, langkah berikut adalah pendataan. Dalam data tersebut disebutkan secara detail mengenai indikator-indikator. Misal untuk kemiskinan ekstrem diukur juga pengeluaran tiap bulan dan lainnya.

"Kalau kemiskinan ekstrem itu diukur pengeluaran mereka Rp 400 ribu, bagaimana kemudian pengeluarannya lebih dari itu sehingga nanti secara indikator itu akan bertemu. Hasil analisis sementara kita oiya mereka tidak bekerja maka mereka butuh pekerjaan. Bagaimana cara bekerja cepat," katanya.

Terkait pekerjaan ini, intervensi yang dilakukan adalah memetakan perusahan yang ada di Pemalang dan Brebes. Ganjar mengajak perusahaan agar memberikan lapangan pekerjaan bagi warga dari keluarga miskin ekstrem.

Ganjar punya strategi dalam mengatasi dan mengentaskan kemiskinan di Jawa Tengah. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News