RSMS Purwokerto Ternyata Masih Kekurangan Dokter Subspesialis

Senin, 06 Februari 2023 – 11:24 WIB
RSMS Purwokerto Ternyata Masih Kekurangan Dokter Subspesialis - JPNN.com Jateng
Plt Direktur RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto dr. Untung Gunarto, Sp.S., M.M. ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, PURWOKERTO - Rumah Sakit Umum Daerah Prof Dr Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto hingga saat ini masih kekurangan dokter sub-spesialis.

"Kalau keberadaan dokter umum dan dokter spesialis untuk pelayanan sampai saat ini sudah cukup, yang masih kurang adalah dokter sub-spesialis," kata Pelaksana Tugas Direktur RSMS Purwokerto Untung Gunarto, Senin (6/2).

Dia mengatakan jika menambah dokter spesialis tertentu makan akan ditujukan untuk program pengembangan pelayanan dan pendidikan.

Terkait dengan jumlah kekurangan dokter sub-spesialis, dia mengatakan hal tersebut sangat tergantung dari program pengembangan pelayanan rumah sakit.

"Dokter sub-spesialis yang masih kurang di RSMS ada pada pelayanan prioritas kami yakni pada Rumpun Saraf, Jantung Intervensi, dan Rumpun Onkologi," jelas Ketua Perhimpunan Dokter Saraf Indonesia (Perdosi) Cabang Banyumas itu.

Menurut dia, kurangnya dokter sub-spesialis tersebut disebabkan dokter-dokter spesialis yang telah menyelesaikan program fellowship dalam bidang tertentu dari satu spesialisasi serta mendapat pengakuan dari kolegium pengampu cabang keilmuan terkait itu belum banyak diproduksi atau tersedia.

Disinggung mengenai kemungkinan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai salah satu faktor penghambat kurangnya dokter tersebut, Untung mengatakan bahwa sama sekali tidak ada hambatan dari IDI terkait dengan permasalahan tersebut.

"Adanya malah dorongan pemenuhan dari IDI," kata mantan Ketua IDI Kabupaten Banyumas itu.

Rumah Sakit Umum Daerah Prof Dr Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto ternyata masih kekurangan dokter subspesialis. Kok bisa?
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News