Wow, Pemkab Batang Targetkan PAD 2023 Capai Rp 300 Miliar

Senin, 06 Februari 2023 – 11:31 WIB
Wow, Pemkab Batang Targetkan PAD 2023 Capai Rp 300 Miliar - JPNN.com Jateng
Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Batang Sri Purwaningsih, di Batang, Jawa Tengah. ANTARA/Kutnadi.

jateng.jpnn.com, BATANG - Pemkab Batang, Jawa Tengah, menargetkan perolehan pendapatan asli daerah (PAD) pada 2023 sebesar Rp 300 miliar atau naik 5 persen dibanding tahun sebelumnya Rp 281,6 miliar.

"Ya, ada kenaikan sekitar 5 persen dari pencapaian target tahun sebelumnya. Semoga target PAD 2023 bisa tercapai," kata Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Batang Sri Purwaningsih, Senin (6/2).

Menurut dia, kenaikan target PAD 2023 karena realisasi PAD tahun sebelumnya mampu melampaui target yang ditetapkan, yaitu mencapai Rp 300,9 miliar.

Saat ini, kata dia, pihaknya berusaha menggali beberapa potensi baru yang dapat memberikan sumbangan pajak daerah.

Sri Purwaningsih mengatakan potensi-potensi baru yang akan digali untuk menambah pendapatan pajak tersebut, di antaranya peralihan tanah kosong menjadi pemanfaatan baru.

"Misalnya lahan kosong menjadi lokasi peternakan, perumahan maupun industri," katanya pula.

Dia menambahkan, untuk pajak restoran, saat ini pihaknya baru mempunyai 102 perangkat atau alat yang digunakan untuk merekam transaksi (tapping box).

"Akan tetapi, pada tahun ini kami belum merencanakan penambahan, karena tapping box merupakan kerja sama dengan perbankan. Kendati demikian, kami tetap akan mendata restoran-restoran baru yang muncul," katanya.(antara/jpnn)

Pemkab Batang Jateng menargetkan PAD 2023 mencapai Rp 300 miliar. Target ini sangat realistis.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News