BI Jateng Sarankan UMKM Pakai QRIS Supaya Cepat Naik Kelas

Sabtu, 11 Februari 2023 – 16:14 WIB
BI Jateng Sarankan UMKM Pakai QRIS Supaya Cepat Naik Kelas - JPNN.com Jateng
Dokumentasi. Salah satu warga melakukan pembayaran menggunakan QRIS untuk membeli beras saat operasi pasar beras yang digelar di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Kamis (9/2/2023) (ANTARA/Eka AR)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari BI dapat membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk naik kelas.

"QRIS memang adalah alat yang yang efektif bagi UMKM untuk naik kelas. Karena dengan QRIS aktivitasnya (transaksi, red.) terlihat," kata Kepala Perwakilan BI Jateng Rahmat Dwi Saputra, di Semarang, Sabtu (11/2).

Menurutnya, melalui QRIS akan terlihat aktivitas transaksi dari UMKM yang secara tidak langsung menunjukkan perkembangan bisnisnya, misalnya saat membeli bahan baku hingga menjalankan proses produksi.

"Waktu beli bahan baku, waktu produksi kan kelihatan. Belinya berapa kan langsung tercatat secara elektronik. Penjualannya pun, dia akan tercatat secara otomatis di elektronik," ujarnya.

Dengan begitu, lanjut dia, perbankan yang menjadi tempat pelaku UMKM mempercayakan penyimpanan uangnya juga akan dengan mudah memantau aktivitas transaksinya, termasuk perkembangan dari waktu ke waktu.

Dia mengatakan kalangan perbankan melalui aplikasi mobile banking yang dimiliki sudah menyediakan fitur QRIS untuk memudahkan nasabah untuk menggunakan QRIS ketika bertransaksi.

"Bank tempat dia (UMKM, red.) buka rekening, bank itu bisa memantau setiap hari, bahkan setiap detik ketahuan setiap ada transaksi. Kalau ada peningkatan skala usaha kan akan kelihatan," katanya.

Menurutnya, perbankan bisa menghitung secara cepat ketika UMKM membutuhkan tambahan modal kerja atau perluasan kapasitas seiring dengan peningkatan skala usaha yang sudah terekam.

BI Jateng menyarankan UMM di daerah tersebut segera menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran. Alasannya, jelas.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News