Bawaslu Demak Siagakan Patroli Pengawasan, Kawal Hak Pilih Pemilu 2024

Selasa, 28 Februari 2023 – 08:52 WIB
Bawaslu Demak Siagakan Patroli Pengawasan, Kawal Hak Pilih Pemilu 2024 - JPNN.com Jateng
Apel Patroli Pengawasan di Halaman Kantor Bawaslu Demak, Senin (27/2/2023). Foto: Humas Bawaslu Demak

jateng.jpnn.com, DEMAK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menggelar Apel Patroli Pengawasan Kawal Hak Pemilih Pemilu 2024, Senin (27/2/2023).

Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh menyebut kegiatan tersebut merupakan ikhtiar menjaga kualitas daftar pemilih serta menjaga hak pilih masyarakat.

Dia menyampaikan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih merupakan tahapan krusial pada Pemilu 2024.

Menurutnya, tahapan ini akan menentukan seorang warga bisa memiliki hak pilih atau tidak. Warga yang sudah mempunyai hak pilih bisa hilang hak pilihnya manakala proses tahapan ini tidak maksimal.

"Beberapa indikasi tidak maksimal itu dalam pengawasan Bawaslu masih ditemukan seperti ketidakpatuhan pantarlih terhadap regulasi dalam melakukan tugas," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN.com Jateng.

Apel pagi itu dihadiri internal Bawaslu Demak dan jajaran pengawas ad hoc mulai dari panwaslu kecamatan sampai panwaslu Kelurahan/Desa.

Dalam arahannya, Khoirul menekankan agar semua jajaran pengawas memastikan warga yang sudah memiliki hak pilih, tercantum dalam daftar pemilih.

“Jangan ragu memberikan saran perbaikan dalam rangka menjamin hak konstitusi warga negara RI,” katanya memberi semangat kepada panwaslucam dan PKD manakala menemui tugas pantarlih yang tidak sesuai prosedur.

Bawaslu Demak siagakan apel patroli pengawasan untuk mengawal hak pilih pada Pemilu 2024 yang saat ini memasuki tahapan coklit.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News