Dinkes Kota Semarang Beri Imbauan Soal Flu Burung, Harap Diperhatikan!

Kamis, 02 Maret 2023 – 22:47 WIB
Dinkes Kota Semarang Beri Imbauan Soal Flu Burung, Harap Diperhatikan! - JPNN.com Jateng
Ilustrasi petugas kesehatan memeriksa kondisi unggas sebagai antisipasi penyebaran flu burung. Foto: Antara/Reuters

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Beberapa waktu lalu sempat ada laporan kematian unggas di wilayah Gayamsari dan Kota Semarang bagian atas yang dicurigai terkena flu burung.

Namun, Dinkes Kota Semarang menemukan bahwa kasus kematian unggas tersebut hasilnya negatif flu burung setelah ternak dan orang di sekitar kandang.

Meski demikian Kepala Dinkes Kota Semarang dr Abdul Hakam mengimbau para peternak unggas untuk mewaspadai penyebaran flu burung dengan melakukan perawatan dan pembersihan area kandang secara rutin.

"Sejauh ini belum ada temuan kasus flu burung, termasuk penularannya terhadap manusia," katanya, Kamis (2/3).

Meski demikian, Hakam tetap meminta masyarakat, terutama yang memelihara unggas untuk melakukan antisipasi atau pencegahan dengan menjaga kebersihan kandang dan melihat kondisi ternak.

"Jika unggas terindikasi sakit misalnya, segera dilakukan tindakan, di antaranya memisahkan kandang unggas yang sehat dengan yang sakit hingga benar-benar sembuh," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Hakam, peternak juga harus melaporkan kepada Dinas Peternakan yang selanjutnya diteruskan kepada Dinas Kesehatan untuk melakukan skrining terhadap peternak dan orang-orang yang melakukan kontak dengan unggas.

Dia juga mengatakan aoabila ada masyarakat mengalami gejala flu, seperti batuk dan pilek untuk menggunakan masker sebagai benteng pertama agar tidak menularkan kepada orang lain.

Dinas Kesehatan Kota Semarang mengimbau para peternak unggas untuk mewaspadai penyebaran flu burung dengan melakukan perawatan dan pembersihan area kandang seca
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News