Kabupaten Boyolali dan Magelang Terdampak Hujan Abu Gunung Merapi

Sabtu, 11 Maret 2023 – 15:44 WIB
Kabupaten Boyolali dan Magelang Terdampak Hujan Abu Gunung Merapi - JPNN.com Jateng
Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan awan panas guguran pada Sabtu (11/3/2023) ke arah Kali Bebeng atau Kali Krasak (ANTARA/HO/BPPTKG)

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta mengalami erupsi atau mengeluarkan abu vulkanik, Sabtu (11/3) siang.

Ada beberapa wialayan di Kabupaten Magelang dan Boyolali yang terdampak hujan abu dari awan panas guguran (APG) Gunung Merapi.

Menurut Yulianto, Petugas Pemantau Gunung Merapi Pos Babadan, mengatakan awan panas guguran terjadi pada pukul 12.12 WIB.

"Beberapa daerah terdampak hujan abu, yakni Kecamatan Dukun, Sawangan, dan sebagian Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali," ungkapnya.

Yulianto menyebutkan sejumlah desa yang telah melaporkan terjadi hujan abu, antara lain Paten, Keningar, Mangunsuko, Dukun, dan Sengi untuk wilayah Kabupaten Magelang.

Kemudian untuk wilayah Boyolali, yakni Tlogolele, Klakah, Jrakah, Wonolelo, dan Krogowanan.

"Ketebalan abu tidak begitu tebal karena tersapu angin," katanya.

Dia menjelaskan awan panas guguran ini akibat kubah lava sebagian longsor.

Sebagian wilayah Kabupaten Magelang dan Boyolali, Jawa Tengah, erdampak hujan abu dari awan panas guguran (APG) Gunung Merapi, pada Sabtu siang.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News