Hadapi Lonjakan Pemudik, Terminal Tirtonadi Solo Siapkan Skema Ini

Sabtu, 01 April 2023 – 14:52 WIB
Hadapi Lonjakan Pemudik, Terminal Tirtonadi Solo Siapkan Skema Ini  - JPNN.com Jateng
Petugas Terminal Tirtonadi Solo saat sedang memeriksa lokasi untuk parkir bus. Foto: Dokumentasi Humas Terminal Tirtonadi Solo.

jateng.jpnn.com, SOLO - Terminal Tirtonadi Solo diperkirakan bakal menghadapi lonjakan pemudik pada Lebaran 2023.

Selain karena makin intensnya bus regular yang keluar masuk, Terminal Tirtonadi juga akan menampung bus dan penumpang yang mengikuti program mudik gratis.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Bandiyono mengatakan Tirtonadi adalah salah satu lokasi droping pemudik dari beberapa provinsi seperti Sumatera Selatan, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jabar, dan Provinsi Banten.

Beberapa Provinsi yang menyelenggarakan mudik gratis juga telah menyatakan akan menggunakan Terminal Tirtonadi sebagai lokasi droping pemudik. 

"Selain itu ada juga mudik gratis CSR dari perusahaan dan program Kemenhub. Saat ini kami masih terus mengintensifkan komunikasi dengan pihak penyelenggara," jelasnya.

Sejauh ini, lanjut Bandiyono jumlah bus peserta mudik gratis masih fluktuatif, dikarenakan sejumlah provinsi masih melakukan pendaftaran.

"Yang sudah pasti baru Provinsi DKI Jakarta. Menggunakan 35 bus dan dua truk pengangkut sepeda motor untuk arus mudik. Sedangkan arus balik akan menggunakan 30 bus dan dua truk," jelasnya.

Mengahadapi lonjakan armada dan penumpang, pihak Terminal Tirtonadi telah menyiapkan skema-skema khusus. Salah satunya dengan mempersiapkan tempat drop off dan parkir khusus bagi program mudik gratis.

Terminal Tirtonadi Solo diperkirakan bakal menghadapi lonjakan pemudik pada Lebaran 2023.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News