H-3 Lebaran, Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan Masih Sepi, Pedagang Risau

Rabu, 19 April 2023 – 14:45 WIB
H-3 Lebaran, Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan Masih Sepi, Pedagang Risau - JPNN.com Jateng
Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Grosir Batik Pekalongan Rozakon . (ANTARA/Kutnadi)

jateng.jpnn.com, PEKALONGAN - Para pedagang di Pasar Grosir Batik Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengeluhkan hingga H-3 Lebaran 2023 masih sepi pembeli karena pemudik biasanya langsung ke kampung halamannya.

Sejumlah pedagang di Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan mengatakan saat ini omset penjualan batik masih stagnan sekitar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per hari.

Sepinya para pembeli khususnya pemudik dari Jakarta maupun kota lainnya ini, kata dia, karena pemudik lebih memilih mudik Lebaran 2023 langsung ke kampung halamannya.

"Ya, saat ini memang masih sepi, semoga besok (20/4) dan satu hari sebelum Lebaran 2023 ada peningkatan pemudik yang akan membeli batik," kata pedagang batik Robi (24), Rabu (19/4).

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Grosir Batik Pekalongan Rozakon mengatakan saat ini aktivitas para pedagang batik hanya bisa bertahan untuk menunggu pemudik yang akan membeli batik sebagai oleh-oleh untuk keluarganya di kampung halaman.

Sepinya para pembeli batik yang mampir ke Pasar Grosir Batik Setono pada Lebaran 2023 masih seperti Lebaran tahun sebelumnya.

"Hanya saja, kemungkinan ramainya para pembeli batik bisa terjadi H-2 atau H-1 Lebaran, dan pada saat arus balik Lebaran karena mereka akan mampir ke pasar grosir ini untuk membeli batik sebagai oleh-oleh," katanya.

Rozakon mengatakan bahwa omset penjualan batik bisa mencapai Rp 25 juta per hari pada saat arus balik Lebaran, tetapi saat ini hanya sekitar Rp 3 juta per hari.

Hingga H-3 Lebaran, Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan ternyata masih sepi pembeli. Sejumlah pedagang pun mulai risau.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News