Top! Meski Panen Menurun, Para Petani Cabai di Jateng Tak Lupa Berbagi

Selasa, 02 Mei 2023 – 22:00 WIB
Top! Meski Panen Menurun, Para Petani Cabai di Jateng Tak Lupa Berbagi - JPNN.com Jateng
Petani cabai di Jateng berikan santunan kepada yatim piatu. (ANTARA/HO - Panitia santunan petani cabai Jateng)

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Gabungan Kelompok Tani anggota kemitraan cabai di Jawa Tengah memberi santunan kepada puluhan yatim piatu di Embung Wisata Dewi Suba Desa Mranggen, Srumbung, Kabupaten Magelang.

Ketua Penanam Cabai Merah Jawa Tengah Muji Rohmat mengatakan kegiatan sosial ini dilakukan sejak 2017 sebagai rasa syukur petani atas rezeki dari kerja sama penjualan cabai dengan perusahaan makanan PT Indofood.

"Kami menunjukkan sebagai lembaga yang mengedepankan sosial. Bukan berorientasi uang saja dan masih berjalan hingga saat ini," katanya, Selasa (5/2).

Melalui kemitraan ini, katanya, para petani cabai di Magelang maupun di daerah lain di Jawa Tengah mendapat jaminan harga jual yang stabil yakni Rp 10 ribu per kilogram dengan volume pasok ke pabrik minimal 12,3 ton setiap pekan.

Menurutnya, jumlah itu masih jauh dari kebutuhan perusahaan, sekitar 600 ton per tahun.

Dia menambahkan dari harga tersebut dipotong Rp 100 per kilogram dan hasil yang terkumpul dan dibagikan saat ini jumlahnya mencapai Rp 27 juta lebih.

Menurut dia, jumlah donasi itu menurun dibanding tahun lalu yang mencapai Rp 46 juta akibat faktor cuaca ekstrem yang kemudian berdampak terhadap berkurangnya hasil panen cabai.

Namun, kata dia, kondisi itu tidak mengurangi niat petani untuk berbagi.

Aksi sosial para petani cabai di Jateng patut diacungi jempol. Meski hasil panen menurun, tetapi bukan menjadi penghalang untuk berbagi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News