Sore Tadi, Ambarawa Diguncang Gempa Bumi

Sabtu, 27 Mei 2023 – 21:33 WIB
Sore Tadi, Ambarawa Diguncang Gempa Bumi - JPNN.com Jateng
Informasi gempa bumi darat magnitudo 2,3 di Ambarawa. FOTO: BMKG.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geogisika (BMKG) menyatakan gempa bumi tektonik magnitudo 2,5 mengguncang wilayah Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (27/5).

Gempa terjadi sekitar pukul 17.33 WIB. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.31 LS; 110.36 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 kilometer barat daya Kota Salatiga dengan kedalaman 6 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," kata Kepala Stageof Banjarnegara Hery Susanto Wibowo.

Berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan atau shakemap, selain Ambarawa, gempa bumi ini juga dirasakan di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang dengan skala intensitas II - III Modified Mercalli Intensity (MMI).

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," ujarnya.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan informasi yang disampaikan masyarakat bahwa guncangan gempa bumi di daerah tersebut dirasakan oleh beberapa orang.

Kendati begitu, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hingga pukul 18.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) pada pukul 17:36 WIB," katanya.

Gempa bumi tektonik magnitudo 2,5 mengguncang wilayah Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (27/5).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News