9 Kecamatan di Tamanggung Rawan Kekeringan, Mana Saja?

Senin, 05 Juni 2023 – 17:40 WIB
9 Kecamatan di Tamanggung Rawan Kekeringan, Mana Saja? - JPNN.com Jateng
Mobil tangki BPBD Kabupaten Temanggung salurkan bantuan air bersih di salah satu sekolah di Temanggung pada musim kemarau tahun 2022. ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Temanggung

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran bantuan air bersih untuk 151 tangki bagi daerah yang mengalami kekeringan pada musim kemarau tahun ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi menyampaikan berkaca pada penyerapan anggaran bantuan air bersih pada 2022 yang relatif kecil maka tahun ini anggaran juga disesuaikan.

Dia menuturkan tahun lalu tidak ada permintaan bantuan air bersih dari masyarakat umum, permintaan bantuan hanya datang dari beberapa sekolah dan pondok pesantren.

Jika nanti dengan anggaran tersebut masih kurang, pihaknya akan bekerja sama dengan perusahaan swasta maupun BUMN/BUMD untuk ikut membantu penanganan daerah kekeringan.

Dia mengatakan hingga saat ini belum ada permintaan bantuan air bersih di Kabupaten Temanggung.

Kasi Penanggulangan Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Temanggung Priyo Harjanto mengatakan untuk mendistribusikan bantuan air bersih, BPBD Temanggung telah menyiapkan tiga mobil tangki.

Dia mengatakan air bersih diberikan kepada masyarakat yang mengajukan permintaan bantuan. Bantuan air bersih diambil dari sumber mata air Pikatan Temanggung yang airnya cukup bersih.

"Mekanisme pengajuan dropping air bersih cukup mudah, bagi daerah yang kekeringan bisa membuat surat permohonan dari desa. Setelah itu kami survei/cek kebenarannya, kalau benar kekeringan atau kekurangan air, bisa kami droping air bersih," katanya.

Ada sembilan kecamatan di Temanggung, Jateng, yang rawan kekeringan. Masyarakat diminta menghemat air.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News