BMKG: Jawa Tengah Selatan Diprediksi Hujan Selama Dua Hari ke Depan

Rabu, 07 Juni 2023 – 10:12 WIB
BMKG: Jawa Tengah Selatan Diprediksi Hujan Selama Dua Hari ke Depan - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Pengendara sepeda motor melintas di Jalan Jenderal Soedirman, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, saat terjadi hujan. ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Jawa tengah bagian selatan khususnya Kabupaten Cilacap dan Banyumas akan dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dalam satu-dua hari ke depan.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan sebagian besar wilayah Jateng selatan sebenarnya diprakirakan telah memasuki awal musim kemarau pada dasarian (10 hari, red.) pertama bulan Juni.

"Wilayah Cilacap dan Banyumas secara umum tidak terjadi hujan sejak dasarian ketiga bulan Mei," katanya, Rabu (7/6).

Namun, lanjut dia, sejak akhir pekan lalu, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang kembali turun di wilayah Banyumas dan Cilacap.

Menurut dia, hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir itu dipengaruhi oleh kemunculan gelombang Rossby Ekuator di Sumatra bagian selatan, Jawa bagian barat hingga tengah, Kalimantan bagian selatan, dan Papua bagian selatan

Dalam hal ini, kata dia, gelombang Rossby Ekuator merupakan gelombang atmosfer yang bergerak ke arah barat dan terletak di sepanjang ekuator yang umumnya berlangsung selama 7-10 hari.

"Gelombang Rossby Ekuator dapat meningkatkan pertumbuhan awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan di wilayah-wilayah itu, termasuk di Cilacap dan Banyumas," jelasnya.

Terkait dengan hal itu, dia memprakirakan kondisi cuaca cenderung mendung dan berpotensi terjadi hujan terutama pada sore hingga malam hari.

BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di Jawa Tengah bagian selatan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News