PT TWC Borobudur Hibahkan Dua Gajah kepada Semarang Zoo

Rabu, 14 Juni 2023 – 14:58 WIB
PT TWC Borobudur Hibahkan Dua Gajah kepada Semarang Zoo - JPNN.com Jateng
Gajah di Taman Wisata Candi Borobudur. ANTARA/HO - PT TWC

jateng.jpnn.com, MAGELANG - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) menghibahkan dua gajahnya kepada PT Taman Satwa Semarang atau Semarang Zoo.

Direktur Utama PT TWC Febrina Intan mengatakan untuk mendukung program keberlanjutan konservasi satwa dan edukasi publik mengenai fauna di Indonesia, maka pihaknya menghibahkan dua gajah Sumatra (Elephas Maximus Sumatranus).

PT TWC telah melakukan serah terima kelima gajah kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah (Jateng) yang kemudian mempercayakan dua gajah kepada Semarang Zoo untuk dirawat dengan baik.

"Pemberian hibah gajah ini merupakan bentuk dukungan PT TWC bagi upaya konservasi satwa liar yang dilindungi oleh negara, melalui mitra yang lebih kredibel dan profesional," katanya, Rabu (14/6).

Dia menjelaskan program ini merupakan bentuk sinergi antar-ekosistem pariwisata dan ekosistem konservasi satwa untuk saling mendukung pengembangan nilai edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat luas mengenai hewan endemik Indonesia.

"Selain itu sebagai sosialisasi pentingnya aktivitas konservasi sumber daya alam secara berkelanjutan," ungkapnya.

Proses hibah diawali dengan koordinasi bersama untuk mengawal proses pemindahan (translokasi) satwa dari kawasan Taman Wisata Candi Borobudur ke Semarang Zoo, kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain BKSDA Jateng, BKSDA Yogyakarta, Polresta Magelang, Polisi Kehutanan Jateng, pengelola kebun binatang terkait, dokter hewan, akademisi, pawang gajah (mahout) dan sejumlah LSM terkait.

Intan menyampaikan Taman Wisata Candi Borobudur memiliki lima gajah terdiri atas dua jantan bernama Bona dan Endra serta tiga betina bernama Eca, Lisi, dan Zella.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) menghibahkan dua gajahnya kepada PT Taman Satwa Semarang atau Semarang Zoo.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News