Kampus-Kampus Islam di Asia Tertarik dengan Gagasan dari UIN Saizu Purwokerto

Selasa, 04 Juli 2023 – 14:30 WIB
Kampus-Kampus Islam di Asia Tertarik dengan Gagasan dari UIN Saizu Purwokerto - JPNN.com Jateng
Rektor UIN Saizu Purwokerto Prof. Dr. Moh. Roqib (dua dari kiri) menunjukkan naskah nota kepahaman yang baru ditandatangani bersama Universiti Islam Sharif Ali (Unissa) Brunei Darussalam di sela kegiatan forum Asia Islamic University Asosiation (AIUA) yang diselenggarakan di Brunei Darussalam, 25-28 Juni 2023. ANTARA/HO-UIN Saizu

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Kampus-kampus Islam di Asia yang hadir dalam forum Asia Islamic University Asosiation (AIUA) yang diselenggarakan di Brunei Darussalam, 25—28 Juni 2023, mengaku tertarik dengan gagasan yang dibawa Universitas Islam Negeri Profesor K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Hal tersebut diungkapkan Rektor UIN Saizu Prof. Dr. Moh. Roqib. Dia mengatakan pihaknya terus mengampanyekan Islam moderat atau wasatiah dengan menggagas kajian Islam Melayu dan Nusantara Raya.

"Gagasan kajian Islam kawasan Melayu dengan Nusantara Raya itu wujud konkret kampanye Islam Moderat," katanya, Selasa (4/7).

Menurut dia, sambutan hangat terasa dalam forum Annual General Meeting (AGM) yang digelat AIUA karena UIN Saizu Purwokerto merupakan anggota aktif sejak 2019 dan selalu membawa gagasan berbasis lokalitas (local wisdom) dalam konteks kajian Islam yang membumi.

Dalam hal ini, kata dia, UIN Saizu Purwokerto mendorong pentingnya kemitraan berbasis kolaborasi antarkampus Islam di Asia.

"Mulai dari student mobility, credit transfer program, dual-double-twin degree program, visiting lecturer-professor, collaborative research, sabbatical leave, joint international conference, hingga akreditasi internasional," ujarnya.

Jika hal itu dilaksanakan, menurut dia, eksistensi Islam melalui lembaga pendidikan kampus makin nyata, termasuk dalam konteks terlibat aktif menghadapi beragam persoalan kontemporer dunia.

Oleh karena itu, dia sangat optimistis hal itu dapat terwujud mengingat Indonesia belum lama ini juga berhasil menjadi tuan rumah dalam R20 dan menunjukkan wajah Islam yang moderat dari Indonesia.

Gagasan yang dibawa UIN Saizu Purwokerto membuat kampus-kampus Islam di asia tertarik. Seperti apa gagasannya?
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News