Momen Ganjar Bersama Petani Tembakau di Lereng Gunung Merapi-Merbabu Boyolali

Kamis, 03 Agustus 2023 – 17:49 WIB
Momen Ganjar Bersama Petani Tembakau di Lereng Gunung Merapi-Merbabu Boyolali - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) didampingi Bupati Boyolali M Said Hidayat (kiri) ikuti upacara kirab budaya tradisi tungguk tembakau di Desa Senden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Kamis (3/8/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, BOYOLALI - Para petani tembakau di lereng Gunung Merapi Merbabu, di Desa Senden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, menggelar upacara kirab budaya tradisi tungguk tembakau pada Kamis (3/8).

Tradisi tersebut merupakan penanda bahwa masa panen memetik daun tembakau di wilayah tersebut sudah dimulai.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampak hadir dengan didampingi Bupati Boyolali M Said Hidayat dan Wakil Bupati Wahyu Irawan.

Ganjar membuka acara kirab budaya tradisi tersebut dengan mengawali memetik sebanyak 13 helai daun tembakau untuk prosesi pemasangan pada gunungan tembakau yang sudah disediakan oleh panitia, di lokasi makam Gunungsari Desa Senden.

"Belum lama ini, saya telah menghubungi sebuah pabrik tembakau agar dapat membeli tembakau milik para petani di lereng Gunung Merapi dan Merbabu," katanya.

Dia juga sudah bertemu dengan pabrikan tembakau, agar mau membeli tembakau milik para petani. Namun, setelah cukai tersebut naik, pabrikan tersebut agak mengerem pembelian tembakaunya.

Menurut Gubernur terkait hal tersebut sempat meminta terhadap pabrikan untuk memprioritaskan pembelian tembakau dari para petani, baik dari Kabupaten Boyolali, Magelang, dan Klaten.

"Kegiatan ini, bagaimana prosesi budaya tradisi warga setempat terus jalan, sekaligus bersama-sama menikmati hasil panenan tembakau dan tugas pemerintah hanya bisa mendorong agar hasil panen dapat dibeli oleh pabrikan," katanya.

Ganjar Pranowo menghadiri upacara kirab budaya tradisi tungguk tembakau bersama seribuan warga lereng Gunung Merapi Merbabu Boyolali.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News