Ganjar Apresiasi Spirit Kader KB dalam Membantu Penanganan Stunting

Rabu, 09 Agustus 2023 – 14:12 WIB
Ganjar Apresiasi Spirit Kader KB dalam Membantu Penanganan Stunting - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi spirit kesukarelawanan kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD).

Menurutnya, selain soal KB, penanganan stunting tingkat desa itu patut dicontoh. Apalagi mereka bekerja secara sukarela dengan dedikasi tinggi.

"Mereka orang-orang yang sangat terlatih karena sudah puluhan tahun dan mereka mendedikasikan diri, enggak dibayar. Ini menurut saya sebuah spirit kesukarelawanan yang perlu kita contoh," katanya di acara Temu Kader PPKBD di aula BPSDMD Jawa Tengah, Selasa (8/8).

Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menilai pemerintah sangat membutuhkan para sukarelawan tersebut. Oleh karena itu, kata dia, harus didorong kapasitas mereka menjadi sebuah lembaga. "Oke, kita latih," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, kader PPKBD dari berbagai daerah ini memiliki bermacam inisiatif. Mereka mengurusi sosialisasi tentang KB, mulai dari siapa yang harus KB, pada usia berapa harus menggunakan KB, dan jenis KB yang mesti digunakan.

Kader PPKBD juga berinisiatif untuk membentuk organisasi tingkat provinsi yang merupakan organisasi PPKBD tingkat provinsi pertama di Indonesia.

"Ternyata organisasi para kader ini luar biasa, mereka butuh diapresiasi, mereka butuh disemangati karena mereka relawan, benar-benar relawan, juga menangani stunting," tuturnya.

Selain sosialisasi KB, kades PPKBD ini juga membantu dalam penanganan stunting di tingkat desa. Beragam inisiatif dilakukan, misalnya menggalang dana dari iuran warga, mengalokasikan dana desa untuk stunting, serta program orangtua asuh.

Ganjar Pranowo mengapresiasi spirit kesukarelawanan kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News