Ganjar Mengajak Paguyuban Tionghoa Untuk Merawat Kerukunan

Rabu, 09 Agustus 2023 – 11:05 WIB
Ganjar Mengajak Paguyuban Tionghoa Untuk Merawat Kerukunan - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Humas Pemprov Jateng)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri pelantikan Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Jateng Bambang Wuragil di Semarang pada Selasa (8/8).

Dalam acara tersebut, Ganjar mengajak PSMTI untuk merawat kerukunan anak bangsa dan merawat Indonesia.

"Merawat Indonesia, menurut saya itu sesuatu yang penting sehingga nilai-nilai inilah yang mesti kita kawal terus-menerus agar sesama anak bangsa rukun tanpa membeda-bedakan sukunya, agamanya, rasnya," katanya.

Acara yang dihadiri oleh Ketua Dewan Kehormatan PSMTI Pusat Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta, Ganjar menceritakan kerukunan di antara warga yang berbeda suku, ras, dan agama di Lasem, Kabupaten Rembang.

Politikus PDIP itu menuturkan bahwa di daerah yang pernah menjadi kota pelabuhan besar itu, warga yang berbeda etnis bisa hidup rukun dan saling membantu. Ketika ada acara, ada warga yang menyumbang makanan, minuman, hingga barongsai.

"Itu juga muncul di batiknya. Jawanya ada, Arabnya ada, khas Tiongkoknya ada, dinamis dan menarik. Negara harus bisa merawat itu, begitu ada orang yang mengganggu kita harus bersuara," kata dia.

Selain itu, Ganjar mengemukakan peran dua tokoh Tionghoa dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia, yakni Laksamana Muda TNI John Lie atau Jahja Daniel Dharma dan Yap Tjwan Bing, yang menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

"Sejak Indonesia lahir mereka sudah banyak berperan juga. Hanya mungkin tidak terlalu populer saja, makanya tadi saya ingatkan dan kaget dengan nama-namanya," kata dia.

Ganjar Pranowo mengajak Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) untuk merawat kerukunan anak bangsa dan merawat Indonesia.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News