Selamat, 5 Mahasiswa UNS Solo Bisa Kuliah 1 Semester di Luar Negari

Selasa, 15 Agustus 2023 – 14:28 WIB
Selamat, 5 Mahasiswa UNS Solo Bisa Kuliah 1 Semester di Luar Negari - JPNN.com Jateng
Lima mahasiswa UNS yang berhasil lolos program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) di Solo, Selasa (15/8/2023). ANTARA/HO-Humas UNS

jateng.jpnn.com, SOLO - Lima mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, lolos seleksi program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI.

Kepala UPT Kerja Sama dan Layanan Internasional (KLI) UNS Rino Ardhian mengatakan dengan lolosnya lima mahasiswa tersebut maka mereka akan melakukan studi selama satu semester di perguruan tinggi di berbagai negara.

"IISMA Co-Funding merupakan skema pendanaan parsial antara mahasiswa dengan pemerintah. Melalui skema ini, program IISMA Co-Funding memberikan lebih banyak kesempatan bagi mahasiswa Indonesia yang ingin mendapatkan pengalaman kuliah di luar negeri selama satu semester," katanya, Selasa (15/8).

Untuk pendanaan program tersebut berasal dari dua sumber, yakni pendanaan pemerintah dan pembiayaan mandiri oleh mahasiswa.

Dia mengatakan lima mahasiswa tersebut berhasil lolos di beberapa perguruan tinggi di Asia, Amerika, hingga Eropa.

Kelima mahasiswa itu, yakni Nadine Shafa Nabila dari Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menuju Vytautas Magnus University di Lithuania.

Kemudian Odie Yohandi dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP menuju Middle East Technical University di Turki, Aurelia Natalie Sumarsono dari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menuju University of York di United Kingdom (UK).

Selanjutnya, Nanda Jhaneta Pricela dari Prodi Kedokteran Fakultas Kedokteran (FK) menuju Palacky University Olomouc di Republik Ceko, dan Danish Faizi Adinata dari Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik (FT) menuju University of Colorado Boulder di Amerika Serikat.

Sementara itu, sosialisasi program IISMA Co-Funding masih perlu untuk ditingkatkan mengingat program tersebut baru diluncurkan pada tahun ini dan belum dikenal luas oleh mahasiswa.

"Ini yang membuat UNS berkomitmen memberikan fasilitas pendampingan kepada mahasiswa yang ingin mendaftar IISMA Co-Funding," katanya.(antara/jpnn)

Lima mahasiswa UNS Solo lolos seleksi untuk kuliah di luar negeri selama satu semester. Program dari Kemdikbudristek ini belum banyak yang tahu.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News