Bupati Temanggung Minta Pabrik Rokok Jangan Bikin Petani Tembakau Rugi

Rabu, 16 Agustus 2023 – 11:45 WIB
Bupati Temanggung Minta Pabrik Rokok Jangan Bikin Petani Tembakau Rugi - JPNN.com Jateng
Tanaman tembakau di Kledung, Kabupaten Temanggung. ANTARA/Heru Suyitno

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Bupati Temanggung M. Al Khadziq meminta sejumlah perwakilan pabrik rokok di daerah tersebut membeli tembakau sesuai kualitas, jangan sampai membuat petani merugi.

Dia menyampaikan tembakau dari hasil panen tahun ini berkualitas bagus, arena didukung oleh cuaca cerah.

"Kualitas tembakau bagus, kadar nikotinnya tinggi, kemudian pertumbuhan tembakau baik, maka kami yakin tahun ini kualitas tembakau Temanggung akan jauh lebih bagus dibanding tahun lalu," katanya, Rabu (16/8).

Dia berharap dengan kualitas yang bagus tersebut harga jualnya juga akan mengikuti sehingga petani tembakau mendapatkan keuntungan. Bisa bernapas lega setelah sekitar tiga tahun terkena pandemi COVID-19 harga tembakau kurang menguntungkan bagi petani.

"Pemkab Temanggung selalu mengajak para petani menjaga keaslian dan kemurnian tembakau Temanggung sebagai bahan baku rokok kretek dengan varietas yang memiliki kadar nikotin tinggi dan harus selalu dijaga," ujar Al Khadziq.

Dengan menjaga kualitas tembakau Temanggung, dia berharap pabrik rokok dapat membeli dengan harga yang pantas sesuai dengan kualitas.

"Harga pokok produksi tembakau itu setiap tahun terus meningkat sehingga kalau pabrik tidak meningkatkan harga pembelian dikhawatirkan nanti petani merugi dan bisa kapok tidak menanam tembakau," katanya.

Dia mengatakan pemerintah ingin agar para petani untung, pedagang untung, dan industri rokok juga untung. Kalau salah satu dirugikan pasti proses ekonomi pertembakauan tidak akan jalan.

Bupati Temanggung M. Al Khadziq meminta sejumlah perwakilan pabrik rokok membeli tembakau sesuai kualitas, jangan sampai membuat petani merugi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News