Soal Pembebasan Lahan Exit Tol Ngaliyan, Wali Kota Semarang Bilang Begini

Rabu, 23 Agustus 2023 – 23:45 WIB
Soal Pembebasan Lahan Exit Tol Ngaliyan, Wali Kota Semarang Bilang Begini - JPNN.com Jateng
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pembebasan lahan Exit Tol Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, dipastikan sedikit mundur.

Pasalnya, luas lahan yang harus dibebaskan untuk proyek bertambah sehingga penyelesaiannya sedikit mundur.

"Pembebasan lahan yang (semula) 4.000 meter persegi berubah menjadi 6 hektare sehingga dibutuhkan anggaran pembebasan yang lebih banyak," kata Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Rabu (23/8).

Mbak Ita, sapaan akrabnya, mengatakan pimpinan PT Jasamarga Semarang-Batang sudah bertemu dengan Pemkot Semarang untuk membahas desain Exit Tol Ngaliyan yang berubah menyesuaikan kondisi di lokasi.

"Mengingat di sana (Ngaliyan, red.) lalu lintas sudah lebih padat sehingga membutuhkan 'exit' atau jalur yang lebih panjang. Mungkin ini agak mundur karena pembebasan lahan," katanya.

Meski penyelesaiannya mundur, dia mengaku tidak masalah karena secara desain lebih bagus dan memudahkan akses masyarakat pengguna jalan untuk keluar masuk melalui tol Semarang-Batang.

"Pembebasan lahan untuk Exit Tol Ngaliyan menyesuaikan desain baru akan dianggarkan pada awal 2024, tetapi tidak masalah karena semuanya untuk hasil yang lebih baik," ujarnya.

"Nanti akan pararel. Sebagian lahan Pemkot Semarang. Kami enggak masalah, nanti aturannya seperti apa kami siap mendukung," imbuh Mbak Ita.

Wali Kota Semarang menyebutkan bahwa luas lahan yang harus dibebaskan untuk proyek Exit Tol Ngaliyan bertambah sehingga penyelesaiannya sedikit mundur.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News