Pura Mangkunegaran Bersiap Sambut Bulan Batik, UMKM Bakal Digandeng

Kamis, 31 Agustus 2023 – 13:13 WIB
Pura Mangkunegaran Bersiap Sambut Bulan Batik, UMKM Bakal Digandeng - JPNN.com Jateng
Adipati Mangkunegara X (kanan) bersama dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming usai melakukan pertemuan di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (31/8/2023). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Adipati Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo berkomitmen untuk melibatkan sejumlah pelaku UMKM di Solo untuk menyelenggarakan bulan batik pada Oktober 2023.

"Kami akan menyelenggarakan di Mangkunegaran. Oktober ada bulan batik. Setiap minggu akan ada banyak kegiatan di Mangkunegaran," katanya seusai bertemu Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota, Kamis (31/8).

Dia mengatakan nantinya beberapa kegiatan yang diselenggarakan mulai dari pameran hingga peragaan busana yang akan dilakukan di Taman Pracima Tuin.

Pihaknya juga akan berkolaborasi dengan komunitas asal Jakarta untuk mengusung hari batik.

"Jadi kami akan buat rangkaian selama satu bulan batik. Nanti akan padat acara," katanya.

Yang menarik pada bulan batik tersebut, pihaknya juga akan memamerkan sejumlah koleksi batik khas Mangkunegaran yang kebanyakan merupakan karya dari Gusti Putri Mangkunegara VIII.

"Itu hasil karya eyang putri, ada khasnya sendiri, coraknya khas Mangkunegaran. Pada Oktober nanti beberapa (koleksi, Red.) akan kami pamerkan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan selama ini Pura Mangkunegaran sudah terbukti mampu mengangkat UMKM supaya lebih berkembang.

Salah satunya belum lama ini Pura Mangkunegaran menjadi lokasi pelaksanaan Hari UMKM Nasional.

"Di Hari UMKM Nasional kemarin transaksinya mencapai Rp 3 miliar selama tiga hari, apalagi September-Oktober nanti di Mangkunegaran tidak berhenti. Jadi ini bagus sekali," katanya.(antara/jpnn)

Pura Mangkunegaran bersiap menyambut acara bulan batik pada Oktober 2023. Satu bulan penuh akan padat acara dengan melibatakan UMKM.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News