Sistem Birokrasi Jabar Akan Diterapkan di Solo, Gibran: Budaya Jelek Harus Dihapus

Rabu, 30 Agustus 2023 – 19:23 WIB
Sistem Birokrasi Jabar Akan Diterapkan di Solo, Gibran: Budaya Jelek Harus Dihapus - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Rabu (30/8/2023). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan pihaknya siap mengaplikasikan Sistem Merit Manajemen Kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah dihibahkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, sistem birokrasi yang dia pelajari di Jabar cukup bagus sehingga cosok diterapkan di Solo.

"Di sini, kan, sudah ada KPI (key performance indicator), nanti diperkuat lagi dengan aplikasi yang sudah dijalankan di Jawa Barat," katanya, Rabu (30/8).

Gibran mengatakan dengan sistem merit manajemen maka akan tercipta kecepatan dalam merespons masalah, kecepatan pelayanan, dan birokrasi yang tidak baku.

"Space kantor yang tidak ada kubikel, tidak terkotak-kotak," katanya.

Selain itu, katanya, dalam menyelesaikan masalah setiap instansi di bawah Pemkot Surakarta mengandalkan tim.

"Jadi dinas ini dibantu dinas sana untuk menyelesaikan masalah tertentu. Itu bisa banget diterapkan di Solo, mau tak tiru," katanya.

Dengan sistem tersebut, menurut dia, bisa memotong alur birokrasi baku sebelumnya. Meski demikian, para ASN harus tetap berkantor.

"Budaya jelek harus dihapus," katanya.

Sementara itu, Pemkot Surakarta menjadi satu dari 11 pemerintah daerah yang akan mengadopsi sistem kepegawaian tersebut.(antara/jpnn)

Sistem Birokrasi Jabar yang didatkan Gibran Rakabuming Raka akan diterapkan di Solo karena dianggap cukup bagus.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News