3 Desa di Batang Kesulitan Air Bersih

Jumat, 08 September 2023 – 13:42 WIB
3 Desa di Batang Kesulitan Air Bersih - JPNN.com Jateng
Masyarakat di Kabupaten Batang sedang menunggu antrean air bersih yang dsalurkan oleh Perusahaan Air Minum Daerah sendang Kamulyan Kabupaten Batang, Rabu (6/9/2023). (ANTARA/Kutnadi)

jateng.jpnn.com, BATANG - Tiga desa di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengalami kekeringan yang berdampak pada kesulitan air bersih.

Pemkab Batang pun telah mendistribusikan 53 ribu liter air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan.

Direktur Teknik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sendang Kamulyan Kabupaten Batang Mulyono mengatakan bahwa pendistribusian air bersih pada warga terdampak kekeringan ini dilakukan sejak Agustus 2023 hingga pekan pertama September 2023.

"Permintaan bantuan air bersih biasanya diajukan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah, kemudian dikoordinasikan dengan Perusahaan Air Minum Daerah Sendang Kamulyan. Bantuan air bersih dilakukan gratis sehingga masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya," katanya, Jumat (8/9).

Dia mengatakan tiga desa yang kini mengalami kesulitan memperoleh air bersih adalah Desa Pretek dan Wonomerto Kecamatan Bandar dan Durenombo, Kecamatan Subah.

Memasuki musim kemarau, kata dia, pihaknya siap menyalurkan bantuan air bersih pada warga yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

"Sebagai perusahaan air minum sifatnya wajib memberikan bantuan (air). Oleh karena itu, kami mempersilakan masyarakat yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau dapat mengajukan bantuan air melalui BPBD," katanya.

Mulyono mengatakan pihaknya sudah menyiagakan sejumlah truk tangki berkapasitas 4 ribu liter untuk menyalurkan air bersih pada masyarakat terdampak kekeringan.

Tiga desa di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengalami kekeringan yang berdampak pada kesulitan air bersih.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News